cinta sejati kita adalah tuhan ..

Jumat, 11 Oktober 2013

Pelanggaran Etika dalam Kehidupan Sehari-hari

MINGGU :

     Pada hari minggu saya berniat pergi ke salah satu daerah di Jakarta dengan menggunakan KRL. Ketika saya ingin berangkat ke Jakarta saya melihat tetangga saya yaitu anak berusia sekitar 8 tahun membuang sampah disaluran air dan kemudian anak tersebut dimarahi oleh ibunya. Ibunya menasehatinya namun dengan cara yang kurang benar sehingga anak tersebut marah dan berkata kasar kepada ibunya. Beberapa saat kemudian ayahnya menghampiri mereka yang sedang bertengkar hebat di depan kediamannya. Mendengar kejadian tersebut, ayah tersebut berusaha menengahi masalah yang ada. Dengan memberikan pembelaan dan kewajaran kepada anaknya , sang istri tidak terima dan berusaha membantah kepada suaminya. Karena terus dilandasi dengan keadaan emosi yang tidak terkontrol, sang istri marah kepada suaminya bahkan melontarkan kata yang tidak pantas untuk diucap.
     Melihat kejadian seperti itu, saya tidak ingin ikut campur dan saya langsung bergegas berangkat menuju stasiun. Setibanya di stasiun, saya terkejut dengan antrian tiket yang begitu panjang. "huft" itulah kata yang saya lontarkan saat melihat panjang dan lebarnya antrian tersebut. Teramat sangat kesal saat saya melihat beberapa orang yang berusaha menyelinap dan tidak melakukan antrian di loket
    Perjuangan mendapatkan tiketpun selesai, saya bergegas masuk ke dalam kereta namun sudah sangat penuh dan terpaksa saya berdiri. Saya tidak berdiri seorang diri. Banyak penumpang lain yang berdiri bahkan ada seorang penyandang cacat. dan sangatlah kecewa saat saya melihat mereka yang mendapatkan kursi namun tidak mendahulukan penyandang cacat untuk duduk padahal tertera bahwa harus mengutamakan 4 kriteria yang wajib untuk didahulukan yaitu wanita hamil , ibu yang membawa balita, penyandang cacat dan lansia.


SENIN :
     Pagi hari saya menuju kampus dengan menggunakan kendaraan umum. Terdapat beberapa pengamen yang masuk ke dalam kendaraan yang saya tumpangi dan mereka memaksa untuk mendapatkan uang dari kami (penumpang) dengan cara menodong atau tidak dibenarkan. Kami sempat merasa takut namun sudah terbiasa. Di dalam kendaraan , saya duduk di sebelah beberapa siswa SMP yang sedang bercengkrama di dalam kendaraan. Tanpa disengaja saya pun mendengar pembicaraan mereka yang menceritakan tentang salah satu temannya yang merusak fasilitas sekolah yang tersedia.  
    

SELASA :
     Saya bergegas berangkat kuliah dengan menumpang di kendaraan salah satu teman saya. Pagi hari sekitar pukul 08.00 sangatlah ramai dengan banyaknya kendaraan terutama sepeda motor. Banyak sekali kendaraan yang berusaha menerobos lampu merah. Sangatlah wajar mereka melakuklan hal tersebut yang dikarenakan macet dan dikejar waktu. Macet di salah satu daerah di Bekasi sudah tidak aneh yang rata-rata disebabkan oleh para pengemudi yang parkir disembarangan tempat.
Setibanya di kampus saya secepatnya menuju ruang kelas, dan saat menuju ruangan kelas saya melihat ada beberapa mahasiswa diruangan lain yang sedang mencoret-coret kursi perkuliahan . selain itu saya juga melihat ada beberapa mahasiswa yang tidur di dalam kelas ketika dosen sedang menjelaskan. mungkin wajar kali ya kan masih pagi jadi ngantuk. haha
     Sekitar pukul 12.00 saya menyelesaikan kegiatan belajar untuk mata kuliah yang pertama, dan sebelum melanjutkan mata kuliah berikutnya saya bergegas solat  di salah satu mesjid dekat kampus. Saya terkejut saat masuk ke dalam mesjid saya melihat ada beberapa wanita yang makan di dalam mesjid. hal tersebut dapat mengotori mesjid.
     Perkuliahan pun selesai dan saya pulang ke rumah tetapi saya harus pulang dengan kendaraan umum karena teman saya ada urusan sehingga tidak bisa pulang bersama dengan saya. Saya sangat terganggu di kendaraan umum karena ada beberapa orang yang merokok didalam kendaraan.


RABU :
     Saat itu saya pergi ke bank untuk melakukan transaksi setoran tunai. saat menunggu giliran, saya melihat kejadian seorang teller bank berbicara dengan nada tinggi dan ketus terhadap nasabahnya. Selesainya dari bank, saya ingin pulang dan mampir ke salah satu minimarket namun saya sedikit kecewa karena saat saya tiba disambut dengan wajah cemberut tanpa senyum bahkan salam
     Saat tiba dirumah, saya menonton TV dan melihat berita kasus yang dialami salah satu pejabat. Pejabat tersebut melakukan hal tidak menyenangkan kepada salah satu wartawan saat di wawancara. sungguh sangat mengenaskan.


KAMIS : 
     Akan menjadi kegiatan rutin saya dihari kamis adalah menjadi ketua praktikum di lab akuntansi dasar  di daerah Depok. Saya mengalami beberapa kendala saat menghadapi praktikan yang memakai topi disaat kegiatan belajar sedang berlangsung dan ada juga beberapa praktikan wanita mengenakan pakaian tembus pandang. memang sih fasion saat ini memang dari bahan seperti itu tapi tetap saja melanggar aturan lab yang berlaku.
     Praktikum selesai , saya kembali pulang ke Bekasi. Selama perjalanan ke Bekasi saya melihat ada beberapa siswa SMP yang bertengkar di depan umum dengan suara lantang dan merekapun sudah melepaskan seragam sekolahnya sebagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar